Berbagai Media Promosi Yang Dapat Dimanfaatkan Dalam Pemasaran



Kecanggihan teknologi pada zaman sekarang sudah terbilang canggih dan berkembang pesat dari masa ke masa, hal ini juga berlaku pada jenis promosi dan juga media promosi yang bermacam - macam jenisnya. Jenis promosi atau media promosi yang beragam ini juga membuat anda akan di hadapkan pada pilihan - pilihan media apa yang akan anda gunakan dan juga jenis nya seperti apa.
Jenis dan media promosi adalah 2 hal yang berbeda, Jenis promosi adalah teknik untuk promosi yang digunakan untuk melakukan kegiatan promosi yaitu seperti promosi online ataupun offline, sedangkan media promosi adalah media atau wadah yang akan digunakan untuk menjalankan kegiatan promosi tersebut.

Berikut di bawah ini akan menjelaskan sedikit tentang jenis - jenis dari promosi beserta juga media yang dapat di gunakan agar dapat membuat rating promosi menjadi naik.

JENIS - JENIS PROMOSI BESERTA MEDIA UNTUK PROMOSI

Jenis - jenis promosi terbagi menjadi 2 yaitu promosi secara online dan juga promosi secara offline, kedua cara promosi ini merupakan promosi yang paling efektif untuk di lakukan agar produk yang sedang dijual dapat lebih di kenal oleh banyak orang.

Meskipun secara online maupun offline, cara promosi tersebut juga memiliki berbagai media nya masing masing. berikut ini akan di jabarkan mengenai media untuk promosi yang biasa digunakan banyak orang baik itu untuk online maupun juga untuk dilakukan secara offline.

Promosi Offline



Walaupun jaman sudah berkembang beserta teknologi - teknologi nya yang juga ikutan berkembang menjadi lebih canggih tidak menutup kemungkinan akan mematikan cara promosi secara offline. Pada kenyataannya masih banyak perusahaan - perusahaan yang menggunakan promosi secara offline demi meningkatkan kualitas promosi mereka, berikut adalah beberapa media media yang digunakan untuk kegiatan promosi tersebut.

1. Spanduk / Banner

Media untuk promosi yang pertama adalah spanduk dan juga banner. spanduk dan banner adalah kedua hal yang berbeda, biasanya spanduk di buat untuk digunakan dengan cara di gantung pada bagian - bagian atas toko atau event - event tertentu yang mempunyai tujuan agar orang - orang dapat melihat dengan jelas apa yang sedang terjadi atau apa yang sedang di adakan.

Sedangkan banner umumnya digunakan dengan cara di letakkan di lantai, di depan toko, di tempat keramaian, di depan stand, dan masih banyak lagi tempat - tempat yang cocok untuk penempatan banner. umumnya banner juga memiliki tiang penyanggah untuk menahan banner tersebut agar dapat berdiri yang bentuknya pun terbagi menjadi 3 yaitu x banner, y banner dan juga roll up banner.

2. Baliho / Billboard

Baliho / billboard adalah media promosi yang biasanya di letakkan pada tiang - tiang promosi di jalan raya besar yang dipasang dengan membentang secara vertikal dengan menggunakan papan ataupun kayu sebagai penyanggahnya. Perbedaan antara baliho dan billboard adalah terletak pada isinya, umumnya baliho memiliki isi yang sifatnya adalah mengajak seseorang untuk menghadiri event ataupun acara lainnya, sementara billboard memiliki isi yang biasanya hanya untuk sekedar memberitahu tanpa memiliki sebuah isi yang mengajak seseorang untuk menghadiri nya.

3. Brosur / Flyer

Selanjutnya adalah media promosi offline yang paling praktis adalah dalam bentuk brosur atau flyer, brosur dan flyer juga media promosi alternatif lainnya yang dapat digunakan secara offline bedanya antara brosur dan flyer adalah brosur umumnya terbagi menjadi brosur lipatan 2 ataupun brosur lipatan 3, sementara flyer hanya dalam bentuk lembaran kertas saja.

Promosi Online



Tidak hanya media promosi offline saja yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan promosi, namun dapat juga di lakukan secara online dengan menggunakan beberapa media - media penunjang untuk promosi berikut ini.

1. Sosial Media
User atau pengguna sosial media di jaman sekarang ini sudah sangat banyak sekali dari seluruh dunia, hal yang seperti ini dapat anda manfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi pada sosial media seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, path dan masih banyak lagi.

2. Youtube

Membuat konten video yang berkaitan produk yang sedang promosi lalu menguploadnya ke youtube juga dapat anda lakukan untuk menaikkan rating agar produk anda lebih jauh di kenal oleh banyak orang, konten video yang di muat haruslah membuat orang - orang yang melihatnya menjadi yakin untuk membeli produk yang sedang anda promosikan tersebut.

3. Membuat blog / web shop sendiri

Langkah promosi online yang terakhir adalah membuat sebuah blog atau website mengenai tentang apa saja detail - detail produk yang anda sedang promosikan beserta dengan informasi yang lengkap mengenai produk - produk tersebut.

Beraneka ragam nya promosi akan sangat membantu bagi seorang pengusaha untuk menaikkan rating produknya agar lebih di kenal oleh kalangan banyak orang, salah satunya adalah dengan melakukan berbagai macam jenis promosi dan juga media promosi nya.

Komentar