Membuka sebuah usaha barang ataupun jasa terkadang tidaklah selalu berjalan dengan mulus tanpa adanya komplain dari para pelanggan tertentu, namun sebagai pemilik usaha yang baik tentunya menangani sebuah komplain dari customer atau pelanggan tentunya ada cara - cara tertentu untuk menghadapinya.
Menerima sebuah komplain dari customer bagi seseorang atau toko tentunya tidaklah menyenangkan. Selain akan menurunkan rating produk yang kita miliki pastinya akan membuat anda menjadi kehilangan 1 pelanggan akibat komplain dari sebuah produk tertentu.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk anda para pengusaha atau pemilik dalam menangani complain dari seorang customer dengan baik dan professional.
Tips Menangani Keluhan Pelanggan / Customer
1. Dengarkan keluhan masalah
Hal pertama yang wajib di perhatikan ketika menangani keluhan dari para customer adalah mendengarkan secara seksama keluhan yang mereka sampaikan
2. Mengalah Dan Mengakui Kesalahan
Agar customer tidak trauma membeli atau datang ke tempat anda pada saat setelah mereka selesai menceritakan atau menyampaikan keluhan, sampaikan kalimat permintaan maaf kepada mereka dan akuilah bahwa kesalahan atau kelalaian tersebut memang dari anda, dengan begitu akan membuat sedikit perasaan customer atau pelanggan yang komplain akan merasa sedikit lega jika anda melakukan hal tersebut.
3. Tanyakan Hal Apa Yang Ingin Di Bantu
Setelah anda mendengarkan dan mencatat semua komplain dari pelanggan tersebut selanjutnya adalah tanyakan kepada pelanggan atau customer tersebut hal apakah yang bisa di bantu untuk di tangani mengenai masalah yang sudah terjadi kepada produk ataupun problem hal lainnya.
4. Tanyakan Apa Yang Di Inginkan
Jika tidak ada solusi untuk memperbaiki atau yang lainnya, tanyakan kepada customer tersebut hal apakah yang dia inginkan, menginginkan produk yang telah dia beli untuk di ganti ke yang baru atau hanya sekedar ingin mendengarkan permintaan permohonan maaf dari anda atau mungkin ingin mengembalikan (retur) barang yang telah di belinya
5. Menganalisis Dampak Dari Komplain Tersebut
Terkadang complain dari seorang customer atau pelanggan juga bisa berdampak kepada diri sendiri mulai dari masalah yang kecil sampai dengan masalah yang besar, maka dari itu setiap complain yang di terima carilah solusi terbaik atau cara penyelesaian yang lebih tepat.
6. Cepat Tanggap
Mungkin ada juga beberapa dari anda yang membuka toko usaha tersebut secara online dan menerima beberapa keluhan pelanggan atau customer secara online juga, maka sebagai penjual yang baik adalah cepat tanggap menangani masalah yang terjadi, jika hal ini sudah anda lakukan maka langkah - langkah lainnya sudah anda dapat lakukan dalam menangani keluhan - keluhan yang datang.
7. Membuat Senang Dengan Memberikan Solusi Terbaik
Beberapa kasus komplain dari pelanggan terkadang hanya di tanggapi begitu saja lalu kemudian di abaikan tanpa memberikan solusi.kepada mereka, hal ini tentunya akan membuat para cust akan memberikan feed back negatif kepada toko yang anda miliki. Berikan lah solusi yang terbaik kepada mereka dengan memperbaiki atau memungkinkan menggantinya dengan yang baru, hal ini tentunya akan membuat mereka merasa senang.
8. Perhatikan Motifnya
Terkadang customer atau pelanggan yang sudah benar - benar kecewa terhadap produk yang di belinya atau jasa pelayanan yang tidak memuaskan bisa saja menjadi ancaman besar bagi toko anda atau diri sendiri, maka dari itu ketika menghadapi masalah ini janganlah anda sampai terpancing emosi karena itu hanya akan menambah rumit sebuah masalah, mintalah bantuan kepada rekan kerja anda apabila mendapat keluhan yang sudah tidak bisa anda tangani lagi.
9. Meminta Feedback Positif
Ketika anda telah menangani keluhan - keluhan yang anda terima dari pelanggan maka selanjutnya adalah meminta respon feedback yang positif dari orang tersebut dikarenakan jika pelanggan tersebut tetap memberikan feedback negatif hal tersebut akan membuat anda tidaklah lagi bisa di terima kembali kedalam masyarakat.
Menganani, memahami seorang pelanggan memang bukanlah hal yang mudah, akan tetapi beberapa tips diatas yang telah di jabarkan ini dapat anda lakukan untuk mengurangi emosi akibat ketidakpuasan pelanggan terhadap apa yang telah dia beli. Demikian artikel ini dibuat semoga artikel ini menjadi artikel yang berguna bagi masyarakat dan orang banyak
Komentar
Posting Komentar