Pemasaran di dalam dunia bisnis adalah mata rantai yang paling penting agar sebuah bisnis yang sedang di jalankan dapat tetap berjalan dengan lancar dan juga menjadi di kenal oleh banyak kalangan orang - orang.
Sebuah pemasaran juga bisa di nilai dengan nyawa dari sebuah bisnis, mengapa begitu? karena jika sebuah produk tidak menggunakan strategi pemasaran, maka bisa di jamin produk tertentu tidak akan di kenal oleh kalangan masyarakat banyak dan juga dapat di terima dengan baik.
Strategi pemasaran yang baik dan cekatan sangat lah di butuhkan bagi sebuah produk tertentu dikarenakan memiliki sebuah tujuan yaitu agar produk tersebut dapat dikenal dan juga di terima dan juga dapat di beli di masyarakat luas. oleh karena itu dunia pemasaran adalah strategi yang paling dinamis di dunia bisnis.
Teknologi juga sedikit demi sedikit dari hari ke hari pun juga semakin berkembang dan juga mengubah banyak pola dari sebuah strategi pemasaran. Dahulu sebelum ada yang namanya internet strategi pemasaran dilakukan dengan cara manual dan tentunya ada keterbatasannya, atau yang biasa di sebut dengan pemasaran offline. Setelah adanya internet maka pola pemasaran pun berubah dan berkembang menjadi pemasaran secara online, lalu apakah perbedaannya pemasaran online dan juga pemasaran offline, apa saja kekurangan dan juga kelebihan dari sebuah pemasaran online ataupun offline? berikut ini akan di bahas mengenai tentang pemasaran online vs pemasaran offline.
Analisis pemasaran
Pemasaran online maupun pemasaran offline tentunya memiliki beberapa perbedaan yang dapat terlihat dengan sangat jelas. berikut di bawah ini akan sedikit di jabarkan mengenai analisis tentang strategi pemasaran.
Bentuk Pemasaran
- Bentuk Pemasaran Online
Pemasaran yang dilakukan secara online tentunya tidaklah membutuhkan banyak tenaga individual untuk menjaga sebuah toko ataupun mendatangi konsumen secara door to door, justru yang terjadi dengan pemasaran online adalah konsumen yang mendatangi website yang anda miliki dan kemudian akan terjadi transaksi pada website itu juga. dan seorang produsen ataupun penjual tidaklah perlu berjalan ke tempat konsumen,
- Bentuk Pemasaran Offline
Berbanding terbalik dengan bentuk pemasaran secara online, pemasaran secara offline di perlukan beberapa tenaga individual untuk melakukan kegiatan - kegiatan tertentu yang berkaitan dengan acara untuk mempromosikan sebuah produk tertentu agar produk tersebut di beli oleh banyak orang. dan juga para produsen ataupun seller wajib berjalan menghampiri para calon konsumennya tersebut.
Kelebihan Dan Kekurangan Pemasaran Secara Online Ataupun Offline
Pemasaran baik itu secara online ataupun offline tentunya memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan masing - masing yang berbeda, di bawah ini akan sedikit di jabarkan beberapa kekurangan serta juga kelebihan dari pemasaran tersebut.
- Kelebihan Pemasaran Secara Offline
-Brand dari suatu produk tertentu di nilai good di mata masyarakat dikarenakan pembeli atau konsumen dapat melihat secara langsung keadaan dari barang tersebut
-Faktor untuk mendapatkan nilai kepercayaan dari para konsumen kemungkinannya juga sangat tinggi, karena jika kualitas yang di miliki sebuah produk baik di mata konsumen, maka untuk kedepannya konsumen tersebut akan tetap membeli 1 brand yang sama kembali dikarenakan sudah mempercayai brand tersebut untuk di gunakan.
-Mudah untuk di datangi ke toko kapan pun selama toko pemasaran tersebut masih tetap buka.
-Mudah untuk mendapatkan konsumen
- Kelebihan Pemasaran Secara Online
-Lebih menghemat biaya untuk melakukan transaksi penjualan
-Tidak memerlukan sebuah toko
-Tidak memerlukan banyak tenaga
-Website toko flexibel dan tidak ada batasan jam untuk mengunjungi web toko tersebut
-Tidak ada batasan jangkauan daerah
- Kelemahan Pemasaran Secara Offline
-Untuk melakukan proses pemasaran pastinya memerlukan biaya lebih banyak dikarenakan harus membangun sebuah toko untuk memulai usaha tersebut.
-Jangkauan pengunjung terbatas, yaitu hanya sekitar daerah dimana toko itu di buka, namun akan berbeda jika konsumen tersebut yang dari jauh ingin datang ke toko yang anda miliki.
-Jam buka toko ada batasnya, dan apabila ingin membuka toko tersebut selama 24 jam tentunya membutuhkan banyak tenaga individual.
-Tenaga individual yang di perlukan lebih dari 2 orang.
-Penjualan dilakukan secara manual dan tentunya membutuhkan waktu yang cukup banyak
- Kelemahan Pemasaran Secara Online
-Membutuhkan waktu yang cukup lama agar konsumen dapat mempercayai toko yang anda miliki
-Agar konsumen dapat mempercayai produk yang anda jual, wajib memiliki bukti feedback dari para pengguna yang lain yang sudah pernah membeli produk dari toko online yang anda miliki
-Brand dari sebuah produk kebanyakan tidaklah terlalu bisa terjamin kualitas ketahanan produk tersebut berapa lamanya.
-Keamanan dari sebuah produk yang di kirim dari seller tidaklah dapat terjamin.
Setiap pemasaran yang akan dilakukan pastinya memiliki sebuah bentuk - bentuk tersendiri dan juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihannya masing - masing, dan kedua metode pemasaran tersebut tentunya memiliki beberapa dampak yang besar bagi kelangsungan usaha milik anda sendiri apapun strategi pemasaran yang akan anda pilih nanti baik itu secara pemasaran online ataupun pemasaran offline semoga dapat membantu usaha yang anda miliki. itulah beberapa kesimpulan yang dapat di ambil dari artikel diatas, sekiranya artikel yang telah di buat ini dapat menambah informasi serta membuat anda dapat mengambil keputusan metode pemasaran apa yang akan di lakukan anda nantinya.
Komentar
Posting Komentar