Kenali Strategi Pemasaran Dalam Pengertian Marketing Mix

Pengertian Marketing Mix

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya sangat di butuhkan kualitas dari sebuah produk yang sangat baik, dan tentunya tidaklah hanya kualitas dari sebuah produk saja, melainkan harus memiliki sebuah skill dan juga strategi yang cukup baik dan matang untuk kelancaran sebuah usaha yang anda miliki, ada beberapa metode yang dapat di terapkan salah satunya adalah marketing mix. namun masih ada beberapa orang yang belum paham mengenai pengertian marketing mix ini.

Menerapkan strategi marketing mix dapat anda lakukan di dalam sebuah bisnis yang anda jalankan, dengan melakukan penerapan strategi ini dengan baik tentunya akan mempengaruhi dari hasil akhir bisnis tertentu. Lalu apa pengertian marketing mix itu?

Pengertian marketing mix adalah sebuah strategi pemasaran yang dimana di dalam strategi tersebut menyatukan atau menggabukan beberapa unsur elemen 4p atau 7p secara terpadu di dalam marketing mix tersebut.

Penerapan Unsur 4P atau 7P


Apa itu unsur 4p? unsur elemen 4p ini juga merupakan salah satu pengertian marketing mix yang perlu di ketahui, seperti dikatakan pada artikel diatas, bahwa unsur - unsur ini adalah unsur yang paling sering di gunakan di dalam dunia marketing mix.

Unsur - unsur ini juga mempunyai beberapa tujuan nya masing - masing, berikut ini akan sedikit dijabarkan mengenai unsur elemen 4p.

Barang (Product)


Pengertian product sendiri adalah tentunya sebuah barang atau yang sedang anda jual di dalam lingkup dunia bisnis, yang di dalam benda atau jasa tersebut memiliki kegunaan yang banyak di butuhkan oleh para calon konsumen, agar product atau barang menjadi sukses kunci utama nya adalah barang tersebut atau jasa tersebut harus memenuhi semua keinginan ataupun kebutuhan dari konsumen dan tentunya product tersebut haruslah memiliki nilai banding yang baik dengan product lainnya.

Harga (Price)

Pada bagian ini dalam unsur elemen marketing mix price adalah sebuah harga jual atau harga yang terdapat pada suatu product tertentu, sebelum menentukan sebuah harga, pastinya harus menghitung terlebih dahulu jumlah kombinasi dari pelayanan serta harga awal pembelian barang tersebut. barulah jika barang telah siap maka akan di lakukan penetapan harga dari produk tersebut.

Tempat Usaha (Place)


Ketika membuka usaha tertentu, tempat mendirikan usaha tersebut sangatlah berpengaruh terhadap kelangsungan dari sebuah bisnis tersebut, makin strategis tempat usaha yang di buka maka akan semakin mudah tempat usaha milik anda untuk di kenali oleh banyak orang.

Promosi / Iklan (Promotion)


Elemen 4P dalam pengertian marketing mix yang terakhir adalah ketika 3 elemen diatas telah selesai di lakukan maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan promosi terkait barang ataupun jasa yang di jual, agar banyak di kenali oleh orang banyak.

Promosi sendiri juga dapat dilakukan dengan dua cara yaitu promosi online dan juga promosi offline. kedua promosi ini sangatlah efektif untuk dilakukan terkait perkembangan teknologi jaman sekarang yang tidak hanya mengandalkan promosi di tempat saja untuk menarik perhatian para calon konsumen.

Demikian informasi yang dapat di tulis pada artikel ini tentang pengertian marketing mix beserta unsur - unsur elemen yang ada pada marketing mix, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam memahami dunia marketing lebih luas lagi.

Komentar