Dalam dunia kerja tentunya terdapat berbagai jenis profesi dalam suatu perusahaan. Contoh profesi tersebut adalah sales dan marketing. Kebanyakan orang jika ditanyakan tentang perbedaan sales dan marketing tentunya akan memberi jawaban yaitu kedua profesi tersebut adalah sama, dan tidak jarang hal seperti ini terjadi ketika pertanyaan tersebut muncul.Walaupun bisa dikatakan tugas dari sales dan marketing yaitu mencapai target tertentu seperti revenue bagi sebuah perusahaan, namun perbedaan sales dan marketing memiliki fokus yang memang berbeda.
Defenisi Sales VS Marketing
Arti dari sales sendiri adalah sebuah kegiatan atau profesi yang hanya memiliki 1 fokus yaitu menjual suatu produk dan juga meningkatkan penjualan dari sebuah produk tersebut, sementara marketing adalah sebuah sistem kegiatan sebuah perusahaan yang memiliki tujuan untuk merencakan produk, lalu menetapkan harga dari sebuah produk yang kemudian mempromosikan sebuah produk dan juga mendistribusikan sebuah produk tertentu yang memiliki tujuan untuk memuaskan calon konsumen / konsumen. Dari penjelasan tentang perbedaan tersebut sudah dapat di simpulkan bahwa sales dan marketing tentunya adalah dua profesi yang memiliki tugas yang berbeda namun memiliki satu tujuan yang sama.
Perbedaan Cara Kerja Antara Sales Dan Marketing
Tentu hal yang membedakan antara sales dan marketing adalah proses cara bekerjanya, jika sales memiliki cara kerja dengan mendatangi konsumen secara langsung maka lain dengan marketing yang hanya menganalisis kerjaan dari jarak jauh, mengamati harga pasaran, meneliti pasar sesuai dengan kebutuhan konsumennya.
Meskipun begitu, sales tetap membutuhkan marketing untuk menganalisis harga pasar terlebih dahulu dan juga menentukan harga yang di tetapkan pada suatu produk tertentu agar proses penjualan dapat berjalan dengan sempurna dan tentunya tanpa suatu kendala.
Prioritas Dan Fungsi Antara Sales Dan Marketing
Di dalam dunia kerja perbedaan sales dan marketing bisa di lihat dari target sebuah kegiatannya. Jika prioritas marketing adalah menjangkau konsumen, mendapatkan konsumen, lalu membangun sebuah hubungan yang baik dengan konsumen tersebut agar tetap setia memesan di 1 tempat yang sama saja. Sedangkan fungsi sales adalah memberi pelayanan kepada para konsumen serta membantu konsumen untuk menemukan barang yang sedang mereka cari. Dari kesimpulan diatas, dapat di simpulkan bahwa sales dan marketing memiliki hubungan yang saling membantu satu sama lainnya.
Tujuan Utama Sales Dan Marketing
Perbedaan antara sales dan marketing selanjutnya adalah terlihat dari tujuannya, di dalam tim marketing, mereka sangat di wajibkan untuk menjaga sebuah brand image dari produk yang dijualnya dikarenakan dengan menjaga sebuah brand image konsumen dapat mengetahui mana barang dengan kualitas yang terbaik.
Sementara sales tidaklah di wajibkan untuk menjaga brand image produk yang sedang mereka jual, dikarenakan tugas mereka hanyalah menjual suatu produk tertentu sampai produk tersebut habis terjual, dan juga memenuhi sebuah target penjualan.
Strategi Antara Sales Dan Marketing
Tentunya antara sales dan marketing memiliki sebuah strategi yang berbeda antara keduanya, jika di dalam dunia marketing memiliki beberapa strategi yang pada umumnya strategi tersebut di sebut dengan 4P yaitu Produk, Price, Place, Promotion maka lain hal nya dengan sales yang umumnya hanya mengikuti atau terlibat dari pada salah satu strategi tersebut, yaitu hanya promotion saja.
dikarenakan marketing harus lah mensurvei harga terlebih dahulu, lalu menentukan harga dan tempat penjualan barulah akan dilaksanakan kegiatan promosi, sedangkan sales tidak. Tugas seorang sales hanyalah terjun ke lapangan langsung menemui calon konsumen lalu melakukan promosi dan meyakinkan para konsumen untuk membeli produk yang sedang mereka jual tersebut.
Ruang Lingkup Antara Sales Dan Marketing
Terakhir, perbedaan sales dan marketing terdapat pada ruang lingkup kerjanya masing - masing, ruang lingkup yang di maksud disini adalah setiap sales dan marketing tentunya mempunyai jangkauan waktu atau jam kerja yang berbeda.
Jika sales hanya sebatas menjualkan saja produk nya kepada konsumen lalu setelah produk tersebut laku terjual maka sales akan lepas dari tanggung jawab, maka hal ini lain dengan seorang marketing yang memiliki jangkauan waktu komunikasi dengan konsumen lebih lama, meskipun produk sudah laku terjual, marketing tetaplah harus membangun sebuah komunikasi yang baik dengan para konsumen yang telah membeli produk tersebut agar kedepannya mereka tetap setia membeli pada 1 tempat saja.
Dapat di simpulkan dari artikel yang telah di tulis ini bahwa perbedaan sales dan marketing tentunya sangat banyak memiliki perbedaan, akan tetapi walaupun memiliki sisi perbedaan yang cukup banyak, hubungan antara sales dan marketing tetaplah di perlukan demi kelancaran penjualan produk dari suatu perusahaan tertentu.
Komentar
Posting Komentar